Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Dwityo A.Soeranto melakukan pemantauan langsung ke lapangan terhadap infrastruktur bidang Cipta Karya di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (26/06/2018).


Pembangunan infrastruktur bidang Cipta Karya yang di pantau oleh Direktur KIP ini adalah sektor PSPLP dan PSPAM Provinsi Bangka Belitung, yaitu pemanfaatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kenanga dan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Kenanga dan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Merawang. Direktur KIP didampingi oleh Kasatker PSPLP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Miarka Risdawati, Penelaah PLP Satker PSPLP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ahmad Sufyan, dan PPK Satker PSPAM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ade Basara. 

Dwityo menegaskan kepada Pemerintah Kabupaten Bangka agar intens dalam penanganan sampah dan memperbaiki prosedur penanganan TPA, dan harus lebih giat menyosialisasikan kegiatan pemilahan sampah sebelum masuk ke TPA agar TPA tidak cepat penuh dan meminta Pemda mengalokasikan anggaran untuk pengadaan satu unit mobil tinja. TPA dan IPLT ini telah diserahterimakan asetnya ke Pemerintah Kabupaten Bangka yang diharapkan pemanfaatan TPA Kenanga dan IPLT Kenanga bisa berjalan baik demi terkelolanya sampah yang ada di Kabupaten Bangka. 

Sementara itu, di SPAM IKK Merawang Direktur KIP bertemu langsung dengan Direktur PDAM Kabupaten Bangka. Dalam pertemuan itu disarankan kepada PDAM Bangka agar menyampaikan usulan untuk ikut dalam program air minum dan berbincang terkait pengembangan jaringan sambungan rumah di Kabupaten Bangka. 

Dwityo berpesan untuk meningkatkan kinerja agar tercapainya pembangunan yang kebermanfaatnya bisa secara terus-menerus dirasakan oleh masyarakat. (randalBabel/ari)