Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Subdit Pengelolaan Data dan Sistem Informasi melakukan Dokumentasi Data Visual Hasil Pembangunan Bidang Cipta Karya TA 2017 di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa waktu lalu. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasubdit Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Sri Murni Edi.


Dalam kegiatan tersebut, Sri Murni di dampingi oleh PPK Randal PIP Povinsi untuk meninjau lokasi kegiatan pembangunan bidang Cipta Karya TA 2017. Sri Murni berpesan bahwa PPK Randal PIP Provinsi harus mampu berkoordinasi dengan baik dengan Satker sektoral maupun Satker PIP di Kabupaten/Kota, karena PPK Randal PIP sebagai kepanjangan tangan dari Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman mempunyai peran yang sangat penting untuk menyampaikan segala informasi dari pusat sehingga Satker di daerah bisa menerima informasi secara utuh dan jelas.

Dalam kunjungan kali ini tim dokumentasi mengunjungi beberapa lokasi kegiatan pembangunan bidang Cipta Karya TA 2017 di Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, serta Kota Yogyakarta.

Sri Murni menuturkan bahwa PPK Randal PIP Provinsi memiliki fungsi dan tugas utama yang terdiri atas perencanaan, pengendalian, serta pengelolaan data dan sistem informasi. Mengkoordinir dan mengarahkan Satker sektoral untuk mendokumentasikan setiap paket kegiatan infrastruktur dari 0% hingga 100% menjadi salah satu bukti dari terlaksananya pembangunan infrastruktur. Dalam mendokumentasikan paket kegiatan infrastruktur tidak hanya sebatas foto dan video, masyarakat sebagai penerima manfaat dari pembangunan harus turut memberikan testimoni dari infrastruktur yang sudah terbangun. 

 “Masyarakat penerima manfaat diharapkan senantiasa untuk selalu menjaga, mengelola serta merawat fasilitas yang telah terbangun dengan baik agar masyakarat juga ikut merasa memiliki,” tutup Sri Murni. (randal diy/ari)