Dalam rangka evaluasi kinerja manfaat program infrastruktur permukiman oleh Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman akan dilakukan evaluasi dengan mengacu pada SE Dirjen Cipta Karya Nomor 82/SE/DC/ 2016 tentang Pedoman Evaluasi Manfaat Program Pembangunan Infrastruktur Permukiman Bidang Cipta Karya. Berkaitan dengan salah satu fungsi Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman, yaitu pemantauan dan evaluasi kinerja manfaat program pembangunan infrastruktur permukiman tersebut, maka Sub Direktorat Pemantauan dan Evaluasi melaksanakan kegiatan Evaluasi Kinerja Manfaat Program Pembangunan Infrastruktur Permukiman pada tahun 2018 di Kota Semarang, Rabu (30/05/2018).


Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi yang diwakili oleh Kasi Pemantauan dan Evaluasi Bhima Dhananjaya dan didampingi oleh tim pemantauan dan evaluasi pusat. Kegiatan tersebut juga diikuti beberapa instansi terkait yang meliputi Bappeda Provinsi, Dinas PU (Keciptakaryaan) Provinsi, Satker Sektor Provinsi Jawa Tengah dan PPK Randal PIP Provinsi Jawa Tengah. 

Bhima mengungkapkan, maksud dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang kinerja manfaat hasil penyelenggaraan program pembangunan infrastruktur permukiman yang telah dilaksanakan terkait dengan akses universal air minum, sanitasi serta kontribusi peningkatan pelayanan infrastruktur dasar permukiman yang layak huni. 

Dalam kunjungan tersebut juga dilakukannya survey lapangan kepada pemanfaat hasil pembangunan Cipta Karya TA 2015 – TA 2017 di beberapa titik kegiatan yang berada di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, yaitu kolam retensi dan stasiun pompa Kali Semarang untuk kegiatan Satker PLP, RTP Taman Garuda untuk kegiatan Satker PBL, Pamsimas untuk kegiatan Satker PSPAM, dan TPS 3R untuk kegiatan Satker PLP. 

“Dengan diadakannya kegiatan evaluasi kinerja manfaat keterpaduan infrastruktur permukiman ini, diharapkan dapat menghasilkan data dokumen evaluasi manfaat keterpaduan infrastruktur permukiman yang digunakan sebagai masukan bagi penyusunan laporan kinerja unit organisasi dan rekomendasi untuk penyusunan program dan kebijakan yang akan datang. (AYS_randaljateng/ari)