Ditjen Cipta Karya melalui Subdit Pengelolaan Data dan Sistem Informasi melakukan Dokumentasi Data Visual Pembangunan Bidang Cipta Karya Tahun 2017 di Provinsi Maluku Utara, Senin (21/05/2018). Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasubdit Pengelolaan Data dan Sistem Informasi, Sri Murni Edi K. Dalam kunjungan kali ini bertujuan untuk pengambilan dokumentasi data visual hasil pembangunan bidang Cipta Karya tahun 2017.

Sri Murni menyampaikan bahwa Randal merupakan kepanjangan tangan dari Direktorat KIP menjadi sangat penting untuk selalu berkoordinasi dengan Satker sektoral, karena semua data dan informasi dari Satker sektor di tingkat provinsi akan terkumpul di Randal. 

Dalam agenda kali ini, Tim PDSI didampingi Randal dan Satker sektor akan mengambil dokumentasi paket kegiatan tahun 2017 di beberapa lokasi kabupaten/kota, yaitu di Kota Ternate, Kota Tidore Kepulaun, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Utara, dan Kabupaten Pulau Morotai. 

PPK Randal Provinsi memiliki fungsi dan tugas utama yang terdiri atas perencanaan, pengendalian, serta pengelolaan data dan sistem informasi. Mendokumentasikan setiap paket kegiatan infrastruktur dari 0% hingga 100% menjadi salah satu bukti dari terlaksananya pembangunan infrastruktur. Dalam mendokumentasikan paket kegiatan infrastruktur tidak hanya sebatas foto dan video, masyarakat sebagai penerima manfaat dari pembangunan harus turut memberikan testimoni dari infrastruktur yang sudah terbangun. 

Sri Murni berpesan, Satker sektor agar selalu mendukung Randal dalam pengumpulan data dan informasi yang dibutuhkan, jangan sampai ada ego sektoral yang berdampak tidak bagus. Dengan datangnya tim dari PDSI ini akan membantu dalam mendokumentasikan paket kegiatan tahun 2017, untuk itu ke depan harapannya bisa berjalan di masing-masing sektor mendokumentasikan dan mengambil titik koordinat setiap paket kegiatan dengan sumber daya manusia yang mumpuni. 

Sementara, PPK Perencanaan dan Pengendalian Provinsi Maluku Utara Muslim menyampaikan, Randal yang memiliki fungsi sebagai perencanaan dan pengendalian akan selalu siap mendampingi dalam setiap kesulitan yang di hadapi teman-teman sektoral. (Maluku utara/ari)