Unit kerja Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kunjungan terkait pelaksanaan kegiatan TA 2017, persiapan pelaksanaan TA 2018 dan pemrograman anggaran TA 2019 Bidang Cipta Karya di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kotabaru, Rabu (09/05/2018).


PPK Randal PIP Provinsi Kalimantan Selatan Irika Alundary mengatakan, tujuan dari kunjungannya kali ini yaitu dalam rangka monitoring dan evaluasi di Kabupaten Kotabaru dan sekaligus dari Randal Provinsi ingin menyampaikan beberapa agenda terkait dengan keberlanjutan pelaksanaan program bidang Cipta Karya. "Bagi kabupaten/kota yang masih belum mengupdate dokumen RPIJM harap segera mereview kembali RPIJM yang baru," tutur Irika. 

Irika mengingatkan bagi kabupaten/kota yang foto progres kegiatan tahun 2017 masih ada yang kosong harap segera mengupload foto yang masih kosong ke aplikasi e-monitoring. Untuk data spasial harap menggunakan GPS dan tidak disarankan menggunakan handphone agar data titik koordinat menunjukkan lokasi yang tepat. 

Indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Cipta Karya Kabupaten Kotabaru pada tahun 2017 untuk penyediaan air minum adalah 83,83%, air limbah 74,63%, reduksi sampah 0,49%, angkut sampah 34,14%, capaian kumuh 21,95%. 

"Untuk Dana Daerah Urusan Bersama (DDUB) dana APBD yang membantu kegiatan yang didanai oleh APBN Kabupaten Kotabaru tahun 2017 yang masih belum terisi harap segera melengkapi data di form DDUB yang sudah kami sediakan," ujar Irika. (LS Randal Kalsel/ari)