Unit Kerja Randal PIP Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Konsolidasi Keterpaduan Perencanaan Program dan Pembiayaan Tahun 2018, Rabu (18/04/2018) di Palembang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasi Keterpaduan Pembiayaan II Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman Fajar Santoso Hutahaean, Kepala Bappeda dan Kepala Satker sektoral di Provinsi Sumatera Selatan.


Adapun peserta yang hadir berasal dari berbagai instansi pemerintah kabupaten/kota di Sumatera Selatan yang terkait dengan bidang Cipta Karya.

Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Selatan Amancik menyampaikan, bahwa kegiatan ini perlu dilakukan mengingat tugas utama pemerintah provinsi adalah menyelaraskan RPJMD dengan RPJMN, serta menyesuaikan setiap program dan kegiatan agar sesuai dengan kemampuan pendanaan melalui desk review usulan dalam dokumen RPIJM.

Amancik menambahkan bahwa tantangan dalam perencanaan pembangunan bidang Cipta Karya antara lain terkait kriteria kesiapan yang masih belum sepenuhnya diperhatikan, misalnya terkait detail perencanaan teknis yang belum siap, kendala kesiapan lahan atau berubahnya lokasi dari usulan awal. Karena itu, sangat dibutuhkan komitmen bersama dalam perencanaan pembangunan ke depan, dilengkapi dengan koordinasi berkesinambungan dari berbagai pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan bidang pekerjaan umum.

Amancik mengajak untuk bersama-sama mulai mengidentifikasi kawasan yang layak untuk diusulkan menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan keterpaduan berbasis kewilayahan, dengan harapan agar kawasan tersebut dapat benar-benar tampil beda dari kawasan lainnya dan menjadi contoh baik bagi pelaksanan pembangunan ke depan.(RB-Randal Sumsel/ari)