Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua Barat menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang ke-PU-an Provinsi Papua Barat di Manokwari, Rabu (04/04/2018). Kegiatan dibuka oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan dihadiri oleh Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman (KIP), Dwityo A. Soeranto.


Dominggus menyambut baik kegiatan tersebut, apalagi baru pertama kalinya dilaksanakan di Provinsi Papua Barat dan dihadiri oleh perwakilan Kementerian PUPR. Diharapkan kegiatan serupa bisa lebih rutin dilaksanakan guna peningkatan pembangunan infrastruktur di Provinsi Papua Barat.

“Ini penting karena dengan moment ini bisa mendapatkan masukan dari kabupaten/kota dan harapan masyarakat kepada pemerintah, khususnya di bidang ke-PU-an dapat ditindaklanjuti. Dukungan pemerintah pusat ke Papua Barat begitu besar, dimana nawacita presiden membangun dari pinggiran makanya ada program percepatan pembangunan terutama dari infrastruktur,” kata Dominggus.

Pembangunan di Papua Barat, sebut Dominggus tidak mudah, butuh perencanaan yang baik, koordinasi, komunikasi dan juga sinkronisasi program yang baik antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota sehingga diharapkan bisa mendapatkan masukan dari kabupaten/kota. Tentunya pembangunan juga mengacu dengan RPJMD 2017-2022 dan mengacu RPJM Nasional dan RPJMD kabupaten/kota.

“Jika kita lakukan dengan baik maka infrastruktur itu bisa menyentuh masyarakat dan bisa membangun daerah yang terpencil. Tentunya harus fokus dari pekerjaan agar benar-benar tepat sasaran dan jelas, mana yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota agar kegiatan ke-PU-an di Papua Barat maksimal dan menjangkau daerah terpencil,” jelas Dominggus.

Dominggus berpesan agar daerah memaksimalkan anggaran yang ada dan tidak selalu tergantung dengan Pemerintah Pusat. Selain itu, Dominggus menambahkan agar bekerja dengan hati dan segera menyelesaikan pembangunan infrastruktur dasar yang dibutuhkan masyarakat.

Tujuan dari Rakornis yaitu untuk meningkatkan koordinasi dan menyelaraskan perencanaan kegiatan bidang ke-PU-an guna pencapaian target pembangunan tahun 2019 sehingga dapat menciptakan sinergitas, dan memaksimalkan anggaran baik di provinsi, kabupaten/kota dan keterpaduan program bidang ke-PU-an. Selain itu juga untuk mewujudkan peningkatan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan berkesinambungan di Papua Barat serta meningkatkan pemahaman tentang kewenangan dan sinkrinosasi program kerja antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

Melalui Rakornis tersebut diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan penyelarasan program kegiatan antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Papua Barat, dan terciptanya sinergisitas yang baik mulai dari penyusunan, penganggaran dan pelaksanakan program yang baik antara pemerintah provinsi, kabupaten/kota di Papua Barat, serta pemanfaatan anggaran yang maksimal dan tepat sasaran. Diharapkan juga melalui Rakornis ini dapat tersedia database data teknis ke-PU-an Papua Barat, baik itu soal jalan, jembatan, sumber daya air maupun bidang Cipta Karya yang akurat. (Lilis Randal Pabar/ari)