Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Unit Kerja Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman (Randal PIP) Provinsi Papua Barat menggelar Rapat Koordinasi Awal Tahun Pelaksanaan Kegiatan Bidang Cipta Karya TA 2018 di Manokwari, Selasa (27/03/2018).


Rakorwal dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat Nataniel D. Mandacan, dengan narasumber yang hadir dari Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman Korwil Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat Agus Ahzar, Bappeda Provinsi Papua Barat, Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas PUPR Papua Barat, Kasatker di masing-masing sektor di Papua Barat, Kepala Pusat Kebijakan dan Penerapan Teknologi, serta Ketua Central Project Management Unit(CPMU) Hibah Air Minum dan Sanitasi.

Rakorwal diikuti oleh sekitar 50 orang dari Satker sektoral Cipta Karya Provinsi Papua Barat, Satker sektoral Cipta Karya di kabupaten/kota Provinsi Papua Barat, Dinas PUPR Bappeda Provinsi Papua Barat, Dinas PUPR dan Bappeda kabupaten/kota, serta Dinas Perumahan dan Permukiman.

Nataniel dalam sambutannya mengungkapkan, rakorwal awal tahun bidang Cipta Karya bermaksud untuk mencapai target pembangunan nasional dalam pencapaian gerakan 100-0-100. Dimana untuk mencapai itu perlu melakukan sinkronisasi dan harmonisasi antara kementerian atau lembaga pemerintahan non kementerian berdasarkan penataan urusan pemerintahan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar dan urusan pemerintahan pilihan.

Selain itu pula, untuk melaksanakan proses kegiatan perencanaan program dan anggaran tahunan berupa memorandum program Provinsi Papua Barat kegiatan tahun 2019 serta melakukan konsolidasi kesiapan pelaksanaan kegiatan bidang Cipta Karya di Provinsi Papua Barat tahun 2018.

“Semua itu perlu memerhatikan proses updating dan verifikasi dokumen RPIJM kabupaten/kota bidang Cipta Karya, persiapan penyusunan anggaran tahunan melalui penyusunan RPJM kabupaten/kota bidang Cipta Karya, terwujudnya proses perencanaan program dan anggaran ke dalam aplikasi SIPPa, terumuskannya program prioritas di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota bidang Cipta Karya, serta tersosialisasikannya kesiapan pelaksanaan bidang Cipta Karya tahun 2018,” tutur Nataniel.

Sementara, PPK Randal PIP Provinsi Papua Barat Jamaludin Ugar mengungkapkan, tujuan dari rakorwal tersebut yaitu untuk melakukan koordinasi persiapan dan penyamaan pemahaman dalam pelaksanaan kegiatan Randal PIP pada tahun 2018 di provinsi, serta untuk memberikan arahan peningkatan kualitas perencanaan dan pengendalian bidang Cipta Karya di tahun 2018. (Lilis Randal Pabar/ari)