Unit kerja Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman Provinsi Kalimantan Selatan, mengadakan Rapat Koordinasi Awal Tahun Bidang Cipta Karya Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (07/03/2018) di Banjarmasin.


Peserta Rakor terdiri dari Satker APBN Cipta Karya, Bappeda Kabupaten/Kota, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten/Kota, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten/Kota, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota, dan PDAM Kabupaten/Kota dari 13 kabupaten/kota.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kepala Seksi Penataan Bangunan Bidang Cipta Karya Syamsul Bahri mengatakan   dengan pelaksanaan rapat koordinasi awal tahun bidang Cipta Karya TA 2018 ini diharapkan dapat tercipta kesamaan persepsi dan rencana kerja bersama berjalan sesuai dengan keinginan yang ingin dicapai.

Usulan kegiatan stategis prioritas nasional di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019 antara lain untuk usulan kegiatan pembangunan perintisan inkubasi Kota Baru di Kota Banjarbaru, usulan pembangunan kawasan permukiman tepi air Kampung Kuin Kota Banjarmasin, usulan RTH kawasan strategis gunung tinggi Kecamatan Gunung Tinggi Batulicin Kabupaten Tanah Bumbuyang mendukung kawasan pengembangan ekonomi terpadu dan usulan pengembangan kawasan perdesaan potensial Kota Banjarbaru serta usulan keterpaduan prioritas penanganan kumuh di Kelayan Barat Kota Banjarmasin.

Adapun juga usulan untuk Infrastruktur Berbasis Masyarakat tahun 2019 seperti penanganan persampahan 3R di 9 kabupaten/kota dan penanganan air limbah domestik berbasis sanitasi masyarakat di 5 kabupaten/kota. (LS-HRD Kalsel/ari)