Ditjen Cipta Karya melalui unit kerja Randal Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan kegiatan Rapat Koordinasi Awal Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman Bidang Cipta Karya TA. 2018 di Mataram, Kamis (8/03/2018). Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan konsolidasi dan koordinasi pelaksanaan kegiatan perencanaan dan pengendalian program infrastruktur permukiman di Provinsi NTB.


Dalam sambutannya Kepala Bidang Cipta Karya Provinsi NTB, Ariffudin menyampaikan hasil pelaksanaan yang sudah dilakukan oleh Satker sektoral Provinsi NTB di TA. 2017 dan hasil dari Pra Konsultasi Regional yang sudah dilakukan di Banjarmasin.

Arif berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan melalui kegiatan ini dapat tercapai kesamaan persepsi dan strategi rencana pelaksanaan kegiatan di TA. 2018.

Sementara, Kasubdit Keterpaduan Pelaksanaan Direktorat KIP Agus Achyar menerangkan bahwa isu strategis Bidang Cipta Karya adalah pertumbuhan penduduk yang sangat dinamis. Pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang dengan pertumbuhan pembangunan infrastruktur sehingga menyebabkan terjadinya krisis infrastruktur wilayah. Oleh karena itu diperlukan strategi dalam pengembangan infrastruktur permukiman, yaitu regulasi, keterpaduan program, kemitraan dan pendanaan.

“Pengembangan infrastruktur wilayah permukiman membutuhkan kolaborasi aksi untuk mencapai tujuan bersama agar tidak terjadi tumpang tindih kegiatan dan lepas kendalinya pelaksanaan kegiatan,” ungkap Agus. (randal ntb/ari)