Sejalan dengan tugas Ditjen Cipta Karya yaitu memiliki menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengembangan kawasan permukiman, pembinaan penataan bangunan, pengembangan sistem penyediaan air minum, pengembangan sistem pengelolaan air limbah dan drainase lingkungan serta persampahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Unit kerja Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman (Randal PIP) Provinsi Banten telah menggelar Rapat Koordinasi Awal (Rakorwal) Tahun 2018 Bidang Cipta Karya Provinsi Banten, Kamis (01/03/2018) di Tangerang.


Kasubdit Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Sri Murni mengatakan tujuan dari rapat ini yaitu untuk melaksanakan kegiatan koordinasi dan sinkronisasi program bidang Cipta Karya Tahun Anggaran 2018 berdasarkan evaluasi pelaksanaan kegiatan di Tahun Anggaran 2017, serta untuk mengkonsolidasikan persiapan kegiatan Tahun Anggaran 2019 yang telah dibahas di Pra (Konreg) beberapa waktu lalu.

Sementara Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Banten Yanuar mengungkapkan masalah dan tantangan dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur akan selalu ada, namun diharapkan pelaksanaan dari kegiatan ini mampu membangun kerjasama yang baik antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terkonsolidasinya usulan program bidang Cipta Karya Tahun Anggaran 2019 serta tersampaikannya hasil desk kegiatan Pra Konreg untuk penyiapan readiness criteria dan persiapan pelaksanaan Tahun Anggaran 2019.

"Kegiatan Rakorwal sebagai evaluasi kegiatan Cipta Karya Provinsi Banten Tahun Angaran 2017 dan kedepannya ingin lebih menekankan pendampingan dan memfasilitasi Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pemenuhan readiness criteria program kegiatanTahun Anggaran 2019 yang telah tersusun," tutur Yanuar. (Afq/Ero/Randalbanten/ari)