Dalam rangka peningkatan kompetensi Aparatur Sipil Negara di lingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya bersama dengan Pusdiklat Jalan, Perumahan, Permukiman dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengadakan Pelatihan Pengendalian dan Pengawasan Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya, Senin (26/02/2018) di Balai Pendidikan dan Pelatihan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Wilayah II Palembang.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh PPK Bidang Penyehatan Lingkugan Permukiman dari 15 provinsi sejumlah 31 orang peserta dengan agenda kegiatan pembahasan program padat karya Sanimas oleh narasumber yang membidangi  antara lain Kasubdit Perencanaan Teknis dan Kasubdit Air Limbah Direktorat PPLP, Kasatker  PLPBM, dan BPSDM.

Dalam kegiatan diklat tersebut, Kasubdit Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Dit KIP Sri Moerni Edi K hadir memberikan pembekalan kepada peserta mengenai sistem pelaporan e-Monitoring . Sri Murni menegaskan bahwa pelaporan merupakan hal yang sangat penting guna pengendalian dan evaluasi rencana pelaksanaan pembangunan baik progres fisik maupun keuangan.

Sri Murni memaparkan bahwa dalam aplikasi e-Monitoring untuk program padat karya terdapat kolom pengisian  jumlah tenaga kerja dan hari orang kerja yang harus dimasukkan.  Pemasukan data pada aplikasi e-Monitoring sebaiknya dilakukan secara offline terlebih dahulu karena apabila dilakukan langsung secara online akan sulit diperbaiki jika terjadi kesalahan penginputan. (RB-Randal Sumsel/ari)