Unit kerja Randal Provinsi Bengkulu menggelar Koordinasi Awal Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman Bidang Cipta Karya TA. 2018, Kamis (22-02/2018) di Bengkulu. Rapat dihadiri 75 peserta dari berbagai unsur di pemerintahan kabupaten/kota Provinsi Bengkulu. Dalam rapat tersebut akan dibahas mengenai evaluasi pelaksanaan kegiatan infrastruktur pemukiman tahun 2017 serta pelaksanaan kegiatan tahun 2018 dan persiapan rencana kegiatan tahun 2019.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Bengkulu Oktaviano menekankan bahwa target Pemerintah pada tahun 2019 akan 100% akses air minum layak, 0% kawasan kumuh perkotaan dan 100% akses sanitasi layak yang biasa disebut dengan Gerakan 100-0-100 mengajak seluruh elemen berkolaborasi untuk mewujudkannya. 

“Kita telah sepakat untuk melaksanakannya dalam tiga pendekatan yaitu membangun sistem, fasilitasi pemerintah daerah dan memberdayakan masyarakat. Dengan ini diharapkan mampu mengubah paradigma pemerintah dari money follow function menjadi money follow program, sehingga dapat dirumuskan program-program prioritas daerah. Agar perencanaan dapat diimplementasikan maka dibutuhkan koordinasi yang baik antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten,” jelas Oktaviano. 

Sementara itu Pejabat Pembuat Komitmen Randal Provinsi Bengkulu, Sarosa Agung Nugroho berharap dengan terlaksananya koordinasi awal bersama seluruh unsur pemerintahan kabupaten/kota, readiness criteria yang menjadi syarat mutlak dilaksanakannya pekerjaan fisik dapat benar-benar disediakan. 

Readiness criteria merupakan syarat mutlak dari terwujudnya suatu perencanaan pembangunan di kabupaten/kota, dengan disiapkannya readiness criteriarencana pembangunan yang telah disusun dalam SIPPa dapat dimungkinkan dilaksanakan pekerjaan fisiknya,” jelas Agung. 

Dalam kesempatan ini ditekankan pula hal-hal yang harus diperhatikan Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan kegiatan tahun 2018, evaluasi kegiatan TA. 2017 serta mengkonsolidasikan usulan program tahun 2019 dengan melengkapi readiness criteria. (Memo/indah/rdlbkl/ari)