Dalam rangka persiapan perencanaan program bidang Cipta Karya di Provinsi Sumatera Barat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Sumatera Barat mengadakan Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan tahun 2018 di Padang, Selasa (13/02/2018) dengan melibatkan SKPD teknis seluruh kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat.


Sekretaris Dinas PUPR Provinsi Sumatera Barat Virdiana menjelaskan, rapat tersebut merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Gubernur dengan Bupati dan Wali Kota beberapa waktu lalu. Dalam rapat ini akan dibahas rencana program masing-masing kabupaten/kota yang disesuaikan dengan mekanisme dan aturan dalam pembiayaan dan pelaksanaannya.

“Bidang Cipta Karya sendiri tantangan yang dihadapi adalah menjamin ketersedian dan pengelolaan berkelanjutan untuk air minum dan sanitasi serta mewujudkan perkotaan dan kawasan permukiman yang inklusif, aman, berketahanan dan berkelanjutan. Pada tahun 2019 berdasarkan data PPK Perencanaan dan Pengendalian Provinsi Sumatera Barat usulan program kabupaten/kota bidang Cipta Karya sebesar Rp.682 miliar,” ujar Virdiana.

Sementara, PPK Perencanaan dan Pengendalian Provinsi Sumatera Barat Syafriyanti mengatakan, pelaksanaan kegiatan bidang Cipta Karya pada tahun 2019 akan dilakukan keterpaduan program, dimana pada satu kawasan akan ditangani oleh beberapa sektor, seperti penyediaan air minum, penanganan kumuh dan sanitasi, sehingga kawasan tersebut dapat tertangani secara keseluruhan.(rjp/randalsumbar/bns)