Tahun 2017 ini, Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman (KIP) mendapat peringkat pertama dalam lomba penggunaan aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) untuk Kementerian PUPR. Oleh karena itu, perlu ditingkatkan penggunaannya melalui Satker Perencanaan dan Pengendalian (Randal) dan 33 PPK Randal seluruh provinsi di Indonesia.


Hal tersebut diungkapkan oleh Kasubdit Pengelolaan Data dan Sistem Informasi, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Sri Murni Edi, pada acara Peningkatan Kapasitas Petugas Pengelolaan TNDE di lingkungan Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman, di Bandung, Rabu (06/12/2017).

“Di KIP kita sudah seluruhnya menggunakan aplikasi TNDE dalam pengelolaan data surat masuk dan surat keluar. Hal tersebut perlu dicontoh dan dilanjutkan oleh Randal agar dapat diimplementasikan dengan baik,” kata Sri Murni dalam sambutannya. Sri Murni menegaskan, sangat terbantu dengan adanya aplikasi TNDE ini karena bisa menyampaikan disposisi di mana pun dan kapan pun dengan akses internet saja.

Lanjut Sri Murni, dengan aplikasi TNDE kinerja kita bisa lebih efesien dan optimal dalam segi administrasi. Dalam acara ini hadir pula narasumber dari Biro Umum, Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR, Budi Hermawan yang menjelaskan mengenai kebijakan TNDE di Kementerian PUPR. Budi sangat mengapresiasi prestasi Direktorat KIP sebagai peringkat pertama dalam penggunaan TNDE. (tym/danang/randaljabar/ari)