Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (PSPAM) Bidang Cipta Karya Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan Evaluasi Akhir Kegiatan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III Tahun 2017 dan Persiapan Usulan Desa Tahun 2018 di Banjarmasin, Rabu (7/12/2017).


Kepala Bidang Cipta Karya Provinsi Kalsel Nazaruddin mengatakan, Rakor bertujuan untuk mengevaluasi capaian program Pamsimas  serta memperoleh informasi pada masing-masing kabupaten tentang kesiapan usulan desa untuk tahun mendatang. “Hasil dari evaluasi ini akan dijadikan rujukan agar pelaksanaan Pamsimas yang mendekati akhir periode ini bisa berjalan dengan baik. Begitupula dengan usulan tahun mendatang agar desa-desa lebih siap dan memenuhi kriteria program Pamsimas. 

Program Pamsimas III (2016-2019) merupakan program yang diharapkan mampu menghasilkan infrastruktur air dan sanitasi dengan biaya rendah dalam rangka pencapaian target universal pada tahun 2019. Kunci sukses pelaksanaan program adalah kolaborasi antar pelaku program dan keaktifan Pemerintah Kabupaten sehingga meningkatkan dampak positif dari kegiatan ini. 

“Kabupaten dan desa sasaran Pamsimas kita harapkan mampu melembagakan pendekatan berbasis masyarakat dalam penyediaan air minum dan sanitasi. Tentunya diperlukan sinergi dari seluruh pelaku. Pemilihan desa yang merupakan faktor penting keberhasilan program yang mencakup aspek akuntabilitas, keterbukaan, komitmen dan kolaborasi dari seluruh pelaku untuk hasil yang berkualitas,” tutur Nazaruddin. (Hrd Kalsel/ari)