Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman (Randal PIP) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Sinkronisasi Program Kegiatan TA. 2019 dan Konsolidasi Persiapan Pelaksanaan Kegiatan TA. 2018, di Kota Bandung, Kamis (16/11/2017).


Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk melakukan sinkronisasi program dan kegiatan tahunan dengan disepakatinya Memorandum ProgramProvinsi Jawa Barat untuk kegiatan tahun 2019 dan konsolidasi yaitu kesiapan pelaksanaan kegiatan tahun 2018. 

Ada beberapa sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan ini yaitu untuk terkonsolidasikannya proses kegiatan perencanaan program infrastruktur permukiman Bidang Cipta Karya tahun 2019 melalui proses updating dan verifikasi  dokumen RPIJM Kabupaten/Kota bidang Cipta Karya,terkonsolidasikannya upaya persiapan penyusunan anggaran tahunan melalui penyusunan KPJM Kabupaten/Kota bidang Cipta Karya, terintegrasikannya bisnis proses kegiatan perencanaan program dan anggaran kedalam aplikasi SIPPa, terumuskannya program–program prioritas  di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota dalam Memorandum Program Provinsi Jawa Barat 2019-2023 dan terkonsolidasikannya kesiapan pelaksanaan kegiatan di Provinsi Jawa Barat Tahun 2018. Pada kegiatan ini juga diharapkan Memorandum Program Provinsi Jawa Barat tahun 2019 dapat terwujud. 

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat Bambang Rianto. Dalam sambutannya Bambang mengingatkan bahwa Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota perlu mengubah paradigma penyusunan rencana program sesuai dengan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah pusat yaitu menyiapkan perencanaan program infrastruktur permukiman sehingga keterpaduan perencanaan dapat dicapai. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Bappeda, Dinas di lingkungan Cipta Karya dan PDAM di Provinsi Jawa Barat. 

Narasumber yang hadir dalam acara ini yaitu Kepala Bidang Fisik Bappeda Provinsi Provinsi Jawa Barat, Slamet Mulyanto yang memberikan paparan mengenai program prioritas dan kegiatan strategis Provinsi Jawa Barat, serta paparan tentang sektoral dari SNVT di Provinsi Jawa Barat yang disampaikan oleh Kepala SNVT PBL Hendra Andriana, SNVT PSPLP Erwin Firmansyah, SNVT PSPAM Harry Muryanto dan SNVT PKP Rudi Eko Setiadi. 

Selanjutnya dilaksanakan penyepakatan program antara Pemerintah Kabupaten/Kota dan Satker sektoral yang difasilitasi oleh Randal PIP Provinsi Jawa Barat sehingga dapat diperoleh Memorandum Program Provinsi Jawa Barat tahun 2019 lengkap dengan readiness criteria terutama DED dan lahan serta dukungan pelaksanaan dan paska pelaksanaan. (randaljabar/ari)