Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman (Randal PIP) Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan Workshop Sinkronisasi Program Kegiatan TA.2019 dan Konsolidasi Persiapan Pelaksanaan Kegiatan TA.2018 di Palangka Raya, Rabu (22/11/2017).


Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili PPK Randal Endy. Endy menyampaikan agar target nasional 100% akses air minum layak, 0% kawasan kumuh perkotaan dan 100% akses sanitasi layak di tahun 2019 atau biasa disebut sebagai Gerakan Nasional 100-0-100, dimana sampai saat ini masih menjadi tantangan terbesar baik oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam penyediaan infrastruktur dasar. 

“Oleh sebab itu pada kesempatan ini perlu saya sampaikan update data capaian Provinsi Kalimantan Tengah pada akhir tahun 2016 yaitu 70% akses air minum layak, 8% kawasan kumuh perkotaan dan 44% akses sanitasi layak. Dengan demikian maka masih diperlukan kerja keras kita semua dalam mencapai target nasional 100-0-100 di tahun 2019,” tutur  Endy. 

Lanjut Endy Randal PIP melalui unit kerja Randal PIP Provinsi Kalimantan Tengah memiliki peran yang strategis  sebagai quality assurance dalam perencanaan program bidang Cipta Karya di tingkat provinsi melalui kegiatan penelaahan, keterpaduan dan sinkronisasi antara usulan program/kegiatan prioritas berdasarkan arahan kebijakan Pemerintah Pusat terkait lokasi prioritas nasional dengan arahanan kebijakan Pemerintah Provinsi  terkait lokasi prioritas provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota yang tertuang dalam dokumen Rencana Program Investasi Jangka Menengah (RPIJM) Kabupaten/Kota Bidang Cipta Karya TA. 2015-2019. 

Kementerian atau lembaga pemerintah non-kementerian berdasarkan pemetaan urusan Pemerintahan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar dan urusan pemerintahan pilihan sebagaimana dimaksud melakukan sinkronisasi dan harmonisasi dengan daerah untuk mencapai target pembangunan nasional. Untuk mencapai target pembangunan nasional sebagaimana dimaksud dilakukan koordinasi teknis pembangunan antara kementerian atau lembaga pemerintah non-kementerian dan daerah. 

“Kami mengharapkan partisipasi aktif dari para peserta sampai dengan kegiatan ini selesai sehingga tujuan, sasaran maupun output yang diharapkan dari kegiatan ini dapat tercapai,” tutup Endy. 

Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Bappeda 14 kabupaten/kota, Kepala Dinas PUPR 14 kabupaten/kota, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman 14 kabupaten/kota, dan Kasatker di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Tengah. (Tiwi, Agie/randal Kalteng/ari)