Sehubungan dengan akan berakhirnya tahun anggaran 2017, Perencanaan dan Pengendalian melalui Pejabat Pembuat Komitmen Perencanaan dan Pengendalian Provinsi Sumatera Barat melaksanakan rapat monitoring kegiatan infrastruktur berbasis masyarakat (IBM) di Satuan Kerja Pembangunan Infrastruktur Permukiman Kabupaten/Kota, di gedung PIP2B Provinsi Sumatera Barat, Selasa (14/11/2017). Rapat dihadiri Kepala Satuan Kerja PIP beserta petugas pelaporan 19 kabupaten/kota di Provinsi Sumbar.


Pejabat Pembuat Komitmen Perencanaan dan Pengendalian Provinsi Sumbar, Syafriyanti mengungkapkan sampai status 14 November 2017 progres keuangan Satker PIP Kabupaten/Kota mencapai 75,32% dengan progres fisik 63,56%, kegiatan infrastruktur berbasis masyarakat di Provinsi Sumatera Barat terdiri dari Pengembangan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas), Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) dan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). 

Dalam rapat monitoring ini diketahui terdapat beberapa permasalahan yang terjadi di kabupaten/kota diantaranya kegiatan Sanimas yang kegiatannya di lima kabupaten/kota beberapa lokasinya gagal karena lahan tidak bebas. Menanggapi hal demikian Syafriyanti mengingatkan agar petugas pelaporan mengisi form permasalahan pada aplikasi e-Monitoring. Syafriyanti berharap pada bulan Desember seluruh kegiatan IBM telah selesai, hal ini juga telah disampaikan kepada konsultan manajemen wilayah KOTAKU, ROMS Pamsimas dan fasilitator Sanimas agar lebih fokus untuk percepatan penyelesaian kegiatan di kabupaten/kota. (rjp/randalsumbar/ari)