Dalam rangka mewujudkan implementasi Kebijakan Satu Data Bidang Cipta Karya serta tersosialisasikannya sistem informasi dan instrument pengumpulan data di lingkungan Ditjen Cipta Karya, PPK Randal PIP Provinsi Jateng mengadakan Workshop Konsolidasi Kebijakan Satu Data Bidang Cipta Karya, beberapa waktu lalu, di Solo.


Acara tersebut dihadiri 160 peserta yang terdiri dari Dinas Pekerjaan  Umum, Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Pusat Statistik, Dinas Perumahan dan Permukiman, serta Satker Sektoral Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini juga dihadiri Kasi Pengelolaan Data Subdit PDSI Kementerian Pekerjaan Umum  Dan Perumahan Rakyat Bhima Dhananjaya.

Workshop Konsolidasi Kebijakan Satu Data Bidang Cipta Karya ini dibuka oleh Kepala Bidang Sarana Prasarana Bangunan Gedung, Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah Sigit Krida Hariono.

“Perlunya peningkatan dukungan dan komitmen dalam penyediaan data yang berkualitas oleh kabupaten/kota dan juga seluruh pemangku kepentingan lainnya dalam meningkatkan efektivitas pembangunan serta perlunya peningkatan koordinasi dan komunikasi antar pemangku kepentingan dalam penyediaan dan pemanfaatan data bidang Cipta Karya,” ujar Sigit.

Pembangunan database infrastruktur permukiman bidang Cipta Karya merupakan bentuk kerja bersama dalam mewujudkan kebijakan satu data untuk menyediakan data yang bisa di manfaatkan seluruh pemangku kepentingan dalam perencanaan pembangunan, perumusan kebijakan, penyelenggaraan pemerintahan, dan pelayanan publik.

“Agar lebih dapat mengoptimalkan pelaksanaan tugas perencanaan dan tugas pengendalian pembangunan infrastruktur permukiman yang membutuhkan ketersediaan data yang lengkap, sistematis, dan valid, perlu dilaksanakannya kegiatan pengumpulan dan identifikasi data infrastruktur permukiman,” tutur Sigit.

Sigit berharap melalui kegiatan ini akan mendapatkan data yang sudah lengkap, mutakhir, akurat, terpadu, terintegrasi di tingkat pusat, provinsi, atau pun di tingkat kabupaten/kota. (AYS_randaljateng/ari)