Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman (Randal PIP) Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Workshop Konsolidasi Kebijakan Satu Data di Kota Palembang, selama 2 hari (26-27/09/2017).


Kasubdit Pengelolaan Data dan Sistem Informasi (PDSI) Sri Murni Edi K kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi, dan dapat diakses oleh pengguna data dengan mudah.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Selatan Basyaruddin Akhmad menjelaskan, kegiatan ini sangat penting mengingat basis data perlu disediakan dan dikonsolidasikan secara sistematis, dimulai dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, hingga ke tingkat pusat. Selain itu, pengumpulan dan identifikasi data infrastruktur permukiman tersebut meliputi kegiatan sektor air minum, sanitasi, kawasan permukiman, penataan bangunan dan lingkungan, perencanaan serta pembiayaan, pemantauan/evaluasi, dan tentunya pengelolaan data dan sistem informasi.

“Dengan adanya kebijakan satu data ini diharapkan tersedianya data yang dapat memberikan informasi statistik bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang akurat dan dapat dipercaya serta sebagai sarana penunjang perumusan kebijakan, strategi, rencana, program, pelaksanaan, dan evaluasi bidang PUPR,” tutur Basyaruddin. (RiBem-Randal Sumsel/bns)