Randal PIP Provinsi Jambi melaksanakan Workshop Konsolidasi Kebijakan Satu Data bidang Cipta Karya Tahun anggaran 2017, beberapa waktu lalu. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi yang diwakili oleh Kepala Bidang Cipta Karya Provinsi Jambi Rudi Tedja.


Rudi menjelaskan bahwa satu data memiliki tiga prinsip utama yaitu, satu standar data, satu metadata baku, dan satu portal data. Dengan demikian, pemanfaatan data pemerintah tidak hanya terbatas pada penggunaan secara internal antar instansi, tetapi juga sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat.

“Agar lebih dapat mengoptimalkan pelaksanaan tugas perencanaan dan tugas pengendalian pembangunan infrastruktur permukiman yang membutuhkan ketersediaan data yang lengkap, sistematis, dan valid, maka perlu dilaksanakan kegiatan pengumpulan dan identifikasi data infrastruktur permukiman. Melalui kegiatan ini, diharapkan terwujudnya pemahaman terhadap pengelolaan data infrastruktur permukiman sehingga implementasi kebijakan satu data bidang Cipta Karya dapat tercapai,” jelas Rudi.

Rudi menghimbau kepada para pejabat daerah untuk terus meningkatkan komitmennya terhadap pembangunan infrastruktur guna mendukung pencapaian sasaran RPJMN, Renstra. Ia juga menyambut menyambut baik inisiatif pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas data infrastruktur permukiman di wilayahnya. Melalui workshop ini diharapkan perencanaan di masa mendatang untuk mendukung Gerakan 100-0-100 dengan berbasis satu data yang akurat, terbuka, dan interoprable. (DM/Randal/Jambi/ari)