Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman (Randal) Provinsi Kepri mengadakan acara Workshop Konsolidasi dan Kebijakan Satu Data Bidang Cipta Karya di Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (24/08/2017).


Acara dibuka oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Kepulaun Riau yang dalam hal ini di wakili oleh PPK Randal Provinsi Kepri Istiadi Nugrohoturuti dan PPK Randal Pusat Tommy Permadhi.

Satu Data Indonesia merupakan kebijakan yang bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi, dan dapat di akses oleh pengguna data, sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan melalui perbaikan tata kelola data pemerintah yang dicanangkan oleh Presiden RI.

"Tujuan satu data adalah untuk mewujudkan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta pengendalian pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah, perlu didukung dengan data yang di kelola secara seksama dan berkelanjutan," tutur Istiadi.

Sesuai dengan pasal 16 huruf b Undang-Undang Nomor 1 tahun 2011 tentang Perumahan Dan Kawasan Permukiman, mengamanatkan wewenang pemerintah pusat salah satunya adalah menyusun dan menyediakan basis data perumahan dan kawasan yang salah satunya yaitu basis data infrastruktur permukiman.

"Pengumpulan dan identifikasi data infrastruktur permukiman meliputi kegiatan/sektor air minum, sanitasi, kawasan permukiman dan kawasan perdesaan, serta penataan bangunan dan lingkungan yang pelaksanaannya melibatkan multi stakeholder, multi tahun, multi lokasi, multi sumber pendanaan, dan dapat berupa rencana, capaian pembangunan ataupun usulan rencana.

Banyaknya kegiatan-kegiatan bidang Cipta Karya yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja sektoral di lingkungan Ditjen Cipta Karya dengan sumber dana APBN dan kegiatan-kegiatan yang di laksanakan oleh pemerintah daerah dengan sumber dana APBD, maka sangat diperlukan sistem database program dan anggaran di setiap provinsi yang akan memudahkan dalam pengendalian dan pemrograman kegiatan setiap tahunnya.(randal kepri/ari)