Dalam rangka implementasi kebijakan nasional satu data, Randal Provinsi Jawa Barat menggelar workshop Konsolidasi Kebijakan Satu Data Bidang Cipta Karya Provinsi Jawa Barat, Rabu(23/08/2017) di Bandung.


Acara dibuka oleh Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat Bambang Rianto. Sedangkan narasumber yang hadir terdiri dari Kasie Pengembangan Sistem Informasi, Subdit Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Leo Putra Harahap, Kasie Standarisasi TIK Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Andy Purwoko. serta Kepala Satker Ditjen Cipta Karya di lingkungan Dinas Perumahan dan Permukiman Jawa Barat.

“Berbicara satu data berarti kita berupaya untuk menuju satu sumber data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Bambang dalam sambutannya. Dalam kegiatan ini kembali ditekankan bahwa butuh upaya dan proses dalam implementasi satu data bidang Cipta Karya sehingga perlu identifikasi ketersediaan data di kabupaten/kota. Selain itu dijelaskan pula bahwa perlu adanya upaya pengumpulan data dan alokasi anggaran daerah oleh kabupaten/kota,  sehingga dapat terus-menerus dikelola menuju integrasi sistem informasi sektor di tingkat pusat.

"Melalui desk instrumen data bidang Cipta Karya yang diisi oleh Satker sektoral Keciptakaryaan Jawa Barat, Bappeda Kabupaten/Kota serta Dinas Keciptakaryaan Kabupaten/Kota di Jawa Barat maka diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan implementasi pengelolaan satu data bidang cipta karya demi meningkatnya kualitas pembangunan infrastruktur permukiman di Jawa Barat," tutur Bambang. (triyunia/danangrandaljabar/ari)