Dalam rangka pengendalian proses perencanaan dan penganggaran tahunan, mulai dari penyusunan RPIJM dan memorandum program kabupaten/kota sebagai upaya perubahan paradigma pengelolaan database dan penganggaran, Satker Program Infrastruktur Permukiman Ditjen Cipta Karya Provinsi Maluku Utara mengelar Rakor uji coba Aplikasi Sistem Informasi Perencanaan dan Penganggaran (SIPPa), di kantor Satker Randal Provinsi Maluku Utara, berapa waktu lalu.


Tujuan dari rapat koordinasi tersebut yaitu membangunan kesepahaman bersama terhadap aplikasi SIPPa sebagai sebuah sistem perencanaan dan penganggaran yang mewadahi konsolidasi data perencanaan di bidang Cipta Karya. 

PPK Randal, Muslim Saleh menyampaikan Provinsi Maluku Utara menjadi salah satu dari 7 provinsi yang ditunjuk dalam uji coba aplikasi SIPPa ini. Menurutnya, tujuan uji coba aplikasi SIPPa ini adalah mensosialisasikan upgrade sistem SIPPa versi 2.0 ke versi 3, serta SIPPa sebagai satu–satunya aplikasi sekaligus data center perencanaan dan penganggaran yang meliputi semua sektor yang dapat terpercaya bagi semua stakeholder terkait bidang Cipta Karya dari kabupaten sampai pusat. 

“SiPPa ini mengakomodir usulan – usulan dari RPIJM kabupaten/kota yang diinput melalui data offline terlebih dahulu kemudian diunggah secara online,” tutur Muslim. Karena itu, lanjut Muslim, Randal bertugas memperbaiki input SIPPa offline data–data usulan dari kabupaten/kota yang belum sesuai dengan usulan di RPIJM. 

Uji coba SIPPa tersebut diikuti oleh Satker PSPLP, Satker PSPAM, Satker PKP, dan Satker PBL di tingkat provinsi dan 3 kabupaten/kota yakni Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Halmahera Barat.(randal maluku utara/ari)