Randal Provinsi Aceh melakukan pelatihan pelaporan e-Monitoring DAK Air Minum dan Sanitasi Bidang Cipta Karya bagi operator kabupaten/kota di Nanggroe, Banda Aceh, Selasa (15/08/2017). Acara di buka langsung oleh PPK Randal Provinsi Aceh, Astuti Sari.


Pelatihan operator DAK Air Minum dan Sanitasi dihadiri oleh kabupaten/kota yang mengusulkan kegiatan DAK pada Tahun Anggaran 2016 yang lalu. Peserta yang hadir berjumlah 9 operator kabupaten/kota dan 2 narasumber dari sektor air minum dan sanitasi. 

Adapun operator dari kabupaten/kota yang hadir terdiri dari Kota Subulussalam, Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh. 

Untuk sektor air minum capaian fisik sudah mencapai 18,91%, dan untuk realisasi keuangan sebesar 19,02% sedangkan sektor sanitasi capaian fisik sudah mencapai 18,76% dengan realisasi keuangan sebesar 31,07%. Kelambatan dalam progres disebabkan beberapa permasalahan yang terjadi di lapangan, seperti izin galian di badan jalan nasional dihadapi oleh sektor air minum khususnya Kabupaten Aceh Besar sedangkan sektor sanitasi permasalahan terkait dengan ketersediaan lahan. (dotz/randalaceh/ari)