Direktorat Keterpaduan Program Infrastruktur Permukiman Ditjen Cipta Karya mengadakan kunjungan lapangan kegiatan manajemen pemantauan keterpaduan program infrastruktur permukiman TA.2017 Provinsi Kalimantan Tengah, beberapa waktu lalu, di Palangkaraya.


Kunjungan ini yaitu terkait rencana uji coba buku pedoman pemantauan keterpaduan infrastruktur permukiman dalam rangka mendukung pelaksanaan Rencana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR tahun 2015-2019. 

PPK Randal Provinsi Kalimantan Tengah Endy mengungkapkan, target pembangunan infrastruktur permukiman pada Rencana Strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2015-2019 berupa universal akses, dimana seluruh masyarakat menerima akses air minum dan sanitasi serta bebas dari kawasan kumuh. 

"Untuk mencapai target tersebut membutuhkan keterpaduan dalam pelaksanaannya yang terdiri komponen pembentuknya harus saling terpadu satu sama lain seperti, tahap perencanaan, pelaksanaan, pengendalian sampai penyelenggaraan, keterpaduan antar sektor pada kawasan sasaran  (lokasi prioritas), dan keterlibatan pemangku kepentingan dalam proses pembangunan (pemerintah pusat, pemerintah daerah, akademisi, pengusaha dan masyarakat) sehingga pembangunan permukiman optimal dan sesuai dengan target yang ditetapkan," tutur Endy. 

Dalam acara kunjungan kali ini dihadiri oleh perwakilan dari Subdit Keterpaduan Pemantauan dan Evaluasi, tenaga ahli yang di dampingi oleh konsultan pemantauan dan evaluasi Satker Randal PIP Proinsi Kalteng. (Tiwi, Agie/Randal Kalteng/ari)