Perencananan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman (Randal PIP) Bidang Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah melakukan Kegiatan Pembinaan Teknis Pelaporan dan Petugas Perbendaharaan pada Satuan Kerja Pembangunan Infrastruktur Permukiman (Satker PIP) di Solo, Kamis beberapa waktu lalu.


Acara di buka oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Bidang Sarana Prasarana Permukiman dan Bangunan Gedung Sigit Krida Hariono.

Dalam sambutannya Sigit menyampaikan tentang tatacara pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan. Pengendalian  pelaksanaan rencana pembangunan yang dimaksudkan untuk menjamin tercapainya tujuan dan sasaran pembangunan yang tertuang dalam rencana kegiatan pemantauan dan pengawasan.  

“Berhubung telah dikeluarkannya Keputusan Menteri PUPR tentang Penetapan Pejabat Perbendaharaan Satuan Kerja Pembangunan Infrastruktur Permukiman (PIP) Kabupaten/Kota diharapkan untuk petugasnya dapat memahami fungsi dan tugas yang dikerjakan untuk pelaporan,” kata Sigit.  

Sigit berharap dengan diadakannya pelatihan ini dapat mensosialisasikan langkah-langkah awal pelaksanaan kegiatan Satker  PIP kabupaten/kota, terwujudnya pemahaman Satker PIP kabupaten/kota dalam administrasi anggaran kegiatan berbasis masyarakat, dan terwujudnya pemahaman dan keterampilan petugas Satker PIP yang ditunjuk untuk menggunakana aplikasi (e-monitoring, SAIBA,SIMAK-BMN, SAS) dalam pelaksanaan pencairan anggaran, pelaporan dan kemajuan fisik. 

Kegiatan ini  dihadiri oleh para Kasatker dan PPK, petugas pelaporan e-Monitoring, SAIBA, SIMAK-BMN, dan SAS petugas perbendaharaan. Narasumber yang hadir berasal dari PPK Randal Provinsi Jawa Tengah, Kepala Seksi KPN I, Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan DIY, dan Kepala Seksi Pencairan Dana KPPN Semarang I.(RBT.Jawa Tengah/ari)