BALAI TEKNIK AIR MINUM
DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA
KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT

Daftar    Login   

Bimbingan Teknis Penanganan Kehilangan Air dan Operasi dan Pemeliharaan IPA

Bekasi –  Salah satu capaian program 100-0-100 dari Direktorat Jenderal Cipta Karya adalah cakupan akses aman air minum 100% untuk wilayah perkotaan dan pedesaan pada tahun 2019. Untuk mencapai program tersebut Direktorat Jenderal Cipta Karya telah melakukan berbagai langkah untuk membantu pengelola SPAM yang masih mengalami kendala, salah satunya memberikan bimbingan teknis kepada PDAM.

Beberapa kendala yang dihadapi oleh PDAM diantaranya kualitas air minum yang dihasilkan belum memenuhi standar dan masih tingginya tingkat kehilangan air. Salah satu hal yang mempengaruhi kualitas air minum yang dihasilkan adalah operasi dan pemeliharaan instalasi pengolahan air, apabila hal ini tidak dilakukan dengan tepat sesuai dengan ketentuan, maka instalasi pengolahan tersebut tidak dapat beroperasi sesuai dengan kriteria desain.

Kendala lainnya yang dihadapi oleh PDAM adalah tingkat kehilangan air yang masih tinggi sehingga air yang diproduksi tidak sepenuhnya terdistribusi kepada pelanggan operasional PDAM menjadi tidak efisien. Kedua permasalahan tersebut memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap kinerja PDAM.

Mengingat pentingnya permasalahan tersebut, maka Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Balai Teknik Air Minum menyelenggarakan bimbingan teknis untuk bidang Operasi dan Pemeliharaan IPA dan Penanganan Kehilangan Air yang akan berlangsung pada tanggal 08 Mei 2017 hingga 19 Mei 2017. Dalam bimbingan teknis ini peserta membawa masalah-masalah yang dihadapi di instansi masing-masing yang diharapkan dapat diselesaikan melalui diskusi dengan narasumber yang berkompeten maupun dari pengalaman sesama peserta.


PENCAPAIAN 100-0-100 MELALUI PENYEHATAN PDAM

Bekasi – Salah satu target capaian dalam program 100-0-100 adalah akses aman air minum

Bimbingan Teknis Penanganan Kehilangan Air dan Operasi dan Pemeliharaan IPA

Bekasi –  Salah satu capaian program 100-0-100 dari Direktorat

PENYEHATAN PDAM MELALUI BIMBINGAN TEKNIS

Bekasi – Salah satu komponen dalam penilaian kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)

Dalami Ilmu, Mahasiswa Trisakti Kunjungi Balai TAMS I

Bekasi – Rabu (01/06/2016) pagi, mahasiswa Teknik Lingkungan,

 
Untitled Document
Back To Top