BALAI TEKNIK AIR MINUM
DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA
KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT

Daftar    Login   

Dalami Ilmu, Mahasiswa Trisakti Kunjungi Balai TAMS I

Bekasi – Rabu (01/06/2016) pagi, mahasiswa Teknik Lingkungan, Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan, Universitas Trisakti melakukan studi lapangan ke Balai Teknik Air Minum dan Sanitasi Wilayah I, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Studi ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai air minum dan penyehatan lingkungan permukiman melalui praktek dan studi lapangan, sebagai penunjang pembelajaran di mata kuliah Teknik Lingkungan.

Studi yang dilakukan mahasiswa Universitas Trisakti Semester 4 dan 6 ini disambut oleh Bapak Sudarwanto, SE, MA, selaku Kepala Balai Teknik Air Minum dan Sanitasi Wilayah I “Galilah ilmu sebanyak-banyaknya, manfaatkan dan tanyalah apa yang ingin kalian ketahui pada narasumber disini, kalian harus kepo (mau tahu-red)”.

Praktek studi lapangan ini dilakukan di empat workshop di lingkungan Balai Teknik Air Minum dan Sanitasi Wilayah I, yaitu workshop Mekanikal Elektrikal, workshop Perpipaan Air Minum, workshop Pengolahan Air, serta workshop dan laboratorium Persampahan.

Studi dipandu oleh narasumber/instruktur handal dan berpengalaman dari Balai Teknik Air Minum dan Sanitasi Wilayah I. Selain diperkenalkan berbagai fasilitas yang ada di workshop dan mempraktekkan berbagai macam hal, mahasiswa juga diajak berpikir kritis dengan berbagai pertanyaan/studi kasus berupa kendala/kesalahan yang sering terjadi di lapangan, baik saat merancang maupun pengoperasian Instalasi Pengolahan Air (IPA).

Dalam kesempatan ini, Ketua Jurusan Teknik Lingkungan, Ir. Rahmadhani, MT, mengatakan, pihaknya berterimakasih karena telah memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk menimba ilmu pada bidang air minum dan penyehatan lingkungan permukiman. Lebih lanjut dikatakan, mengingat studi dan praktek lapangan ini memberikan manfaat besar dalam mendukung pemahaman teori dikelas, pihaknya mengharapkan untuk tetap dapat menjalin bekerjasama dengan Balai Teknik Air Minum dan Sanitasi Wilayah I.

Penerimaan studi mahasiswa ini merupakan bagian dari tugas dan fungsi Balai Teknik Air Minum dan Sanitasi Wilayah I yaitu penyebarluasan dan penerapan teknologi rancang bangun sistem penyediaan air minum dan sistem pengolahan sanitasi. Diharapkan melalui kegiatan ini, mahasiswa sebagai agen perubahan bangsa dapat mempelajari dan mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam rangka mendukung penyelenggaraan infrastruktur air minum dan sanitasi yang berkelanjutan di tanah air Indonesia. (zhr/ylz)


PENCAPAIAN 100-0-100 MELALUI PENYEHATAN PDAM

Bekasi – Salah satu target capaian dalam program 100-0-100 adalah akses aman air minum

Bimbingan Teknis Penanganan Kehilangan Air dan Operasi dan Pemeliharaan IPA

Bekasi –  Salah satu capaian program 100-0-100 dari Direktorat

PENYEHATAN PDAM MELALUI BIMBINGAN TEKNIS

Bekasi – Salah satu komponen dalam penilaian kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)

Dalami Ilmu, Mahasiswa Trisakti Kunjungi Balai TAMS I

Bekasi – Rabu (01/06/2016) pagi, mahasiswa Teknik Lingkungan,

Purwakarta Larang Industri Gunakan Air Bersih Bawah Tanah

Liputan6.com, Purwakarta – Pemerintah Kabupaten Purwakarta terus

 
Untitled Document
Back To Top