CPMU Prohamsan Melatih Ratusan Penanggung Jawab SIM

Nov 27 • Berita • 849 Views • No Comments

prohamsan1Central Project Management Unit (CPMU) Program Hibah Air Minum dan Sanitasi (Prohamsan) melatih ratusan Penanggung Jawab Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk menjadi garda terdepan dalam menyajikan data dan informasi yang cepat, tepat, dan akurat.

Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas dan kemampuan mengolah serta menyajikan data dan informasi dalam SIM berbasis website (www.prohamsan.com). Pelatihan dilakukan sejak 11-22 November 2013 dan menyasar peserta dari PDAM/PDPAL dan SKPD terkait dalam empat regional. Pelatihan dimulai di Batam, Balikpapan, Jakarta, dan berakhir di Makassar.

Peserta dikenalkan dengan SIM website Prohamsan dan cara mengaksesnya, mekanisme penginputan progress pelaksanaan fisik, dan cara penyampaian pengaduan online dan forum. Mereka juga dilatih teknik menulis berita dan artikel serta proses reportase untuk menyampaikan berita menarik seputar pelaksanaan Prohamsan.

Dalam arahannya, Ketua CPMU Prohamsan Ditjen Cipta Karya, Candra RP. Situmorang, menyemangati para penanggung jawab SIM untuk pro aktif berkontribusi dalam memperbarui status dan progress pelaksanaan kegiatan di wilayahnya masing-masing melalui website.

prohamsan2

Selain itu, para penanggung jawab ini harus menjadi contact person untuk mensosialisasikan Prohamsan ini bagi instansi dan masyarakat di daerahnya masing-masing. Karenanya, sebagai Penanggung Jawab SIM harus mengetahui substansi program.

“Data yang diinput ke SIM berbasis website harus valid dan update dibanding data yang diberikan secara manual ke CPMU,” ujar Candra.

Candra juga mendorong para penanggung jawab untuk dapat membuat berita dan artikel mengenai keberhasilan, permasalahan dan acara-acara berkenaan dengan Program Hibah Air Minum dan Sanitasi di wilayahnya masing-masing.

Pelatihan tersebut juga diharapkan dapat membentuk team work yang kuat antarpeserta dengan berkomunikasi melalui media yang ada. Untuk mendukung itu, CPMU Prohamsan juga meluncurkan akun twitter ‘@SIMProhamsan’ dan facebook ‘SIM Prohamsan’. (bcr)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

« »