Randal PIP Provinsi Jawa Barat Gelar Workshop Evaluasi Akhir Tahun 2016

Dec 20 • Berita • 319 Views • No Comments

Satuan Kerja Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman Provinsi Jawa Barat (Randal PIP Jabar) melaksanakan Workshop Evaluasi Akhir Tahun Kegiatan Bidang Cipta Karya Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2016, di Subang, beberapa waktu lalu.

Workshop dibuka oleh Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Provinsi Jawa Barat Bambang Rianto.

Dalam sambutannya Bambang mengatakan, evaluasi memiliki makna yang sangat penting dalam pelaksanaan program pembangunan sebagai bahan reviewcapaian pelaksanaan kegiatan Bidang Cipta Karya di Provinsi Jawa Barat selama tahun 2016.

“Penilaian Bidang Cipta Karya dilakukan pada angka capaian, kenaikan pelayanan air minum, dan sanitasi, serta penurunan backlog, kumuh dan RTLH. “Dibalik angka-angka tersebut, banyak isu, masalah dan tantangan yang jauh lebih besar yang harus diselesaikan dan membutuhkan perhatian seperti menyelesaikan  regulasi dan kelembagaan,” tegas Bambang.

Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memiliki andil dalam pencapaian target RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2015-2019 Bidang Cipta Karya, yang dikenal dengan Gerakan 100-0-100. Maksud dari 100-0-100 adalah target 100% terpenuhinya penyediaan air minum untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, 0% luas kawasan kumuh perkotaan dengan pemenuhan kebutuhan hunian yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana pendukung, dan 100% terpenuhinya penyediaan sanitasi untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat (penanganan sampah dan limbah).

“Untuk mendorong Pemerintah Daerah agar dapat melaksanakan pembangunan prasarana dan sarana khususnya bidang Cipta Karya, melalui proses yang terpadu/terintegrasi, partisipatif, dan terkendali diperlukan adanya kerjasama pusat dan daerah. Pembangunan prasarana dan sarana tersebut tidak dapat dilaksanakan secara sepotong-sepotong, baik secara fisik maupun pendanaannya,” tambah Bambang.

Selain dihadiri Kasatker Randal PIP Provinsi Jawa Barat, hadir pula perwakilan Satker Bidang Cipta Karya Provinsi Jawa Barat, perwakilan Bappeda Provinsi Jawa Barat dan Dinas PU serta Bapeda Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

“Saya berpesan, semua pihak mencari solusi strategis, inovatif, membangun gerakan bersama penyelenggaraan Bidang Cipta Karya di daerah dan selalu berkoordinasi dengan baik, menyamakan langkah dan persepsi, agar pembangunan Bidang Cipta Karya berjalan dengan baik,” kata Bambang.(randal jabar/ari)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

« »