Jawa Timur Memadukan Program Keciptakaryaan

Jul 5 • Berita • 3174 Views • No Comments

padu1
Dalam rangka memadukan program Keciptakaryaan di Jawa Timur, Satuan Kerja Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman Jawa Timur menggelar Workshop Keterpaduan SPPIP, RPIJM, RPKPP dan MP di Jawa Timur yang bertempat di Hotel Dewarna Kota  Malang (4/7).

Kegiatan Workshop ini dilatarbelakangi adanya perubahan paradigma pembangunan keciptakaryaan yang menginginkan adanya keterpaduan antar sektor baik itu PBL, Bangkim, PPLP maupun Air Minum maupun keterpaduan antara kebijakan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/kota.

Di dalam era keterbukaan seperti saat ini, tuntutan masyarakat agar infrastruktur keciptakaryaan dapat dibangun dengan lebih baik dan lebih memberikan nilai kemanfaatan semakin besar sehingga sangat penting untuk memadukan program keciptakaryaan agar mendukung keberlanjutan permukiman dan lingkungan.

padu2

Workshop Keterpaduan SPPIP, RPIJM, RPKPP dan MP di Jawa Timur dibuka oleh Ir. Farich Amin, MM selaku Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jawa Timur. Di dalam sambutannya beliau menekankan bahwa di Jawa Timur memerlukan pembangunan infrastruktur Keciptakaryaan yang mengakomodasi isu strategis dan kebutuhan masyarakat serta tetap peduli pada lingkungan. Selain itu beliau juga berpesan bahwa Pemerintah Daerah harus lebih peka terhadap pentingnya perencanaan program dan penganggaran yang terpadu yang mampu memadukan berbagai kebijakan dan sektor.

Selanjutnya, Ir Endah Angreni, MT Kabid Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Cipta karya dan Tata Ruang Provinsi Jawa Timur menyampaikan materi Kebijakan Kawasan Strategis dan Prioritas Pembangunan Keciptakaryaan berdasarkan entitas di Jawa Timur. Dalam paparannya beliau menitikberatkan pentingnya dokumen RPIJM dan sektoral untuk mampu bersinergi dengan perencanaan dan arahan pemanfaatan ruang terutama RTRW.

Sebagai bahan pembelajaran Keterpaduan Program, diambil contoh Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan yang dipaparkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dari kedua Kabupaten tersebut. Paparan ini diharapkan mampu menjadi gambaran kepada kabupaten/kota lainnya di Jawa Timur didalam memadukan program pembangunan infrastuktur keciptakaryaan berdasarkan entitas.

padu3

Paparan yang mengundang perhatian dari para peserta Bappeda/Bappeko dan Dinas PU Cipta Karya dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur adalah paparan dari Hadi Sucahyono, Ph.D selaku Kasubdit Kebijakan dan Strategi Ditjen Cipta Karya dengan materi Kebijakan Keterpaduan Pembangunan Bidang Cipta Karya di Jawa Timur. Dalam paparannya beliau menginformasikan tentang kebijakan keterpaduan program dan bagaimana langkah teknis dalam melakukan keterpaduan program berdasarkan entitas.

Setelah paparan dari berbagai narasumber, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan desk sektoral yaitu desk Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL), desk Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP), desk Pengembangan Infrastruktur Permukiman (Bangkim), desk Pengembangan Kinerja Pengelolaan Air Minum dan desk Tata Ruang. Dengan pelaksanaan desk tersebut hasilnya diharapkan mampu menjadi bahan keterpaduan program di Jawa Timur khususnya sebagai bahan masukan bagi review RPIJM Kabupaten/Kota. Semoga dengan pelaksanaan workshop Keterpaduan SPPIP, RPIJM, RPKPP dan MP dapat memacu Pemerintah Daerah kabupaten/kota di Jawa Timur untuk mampu membangun Infrastruktur keciptakaryaan yang selaras dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. (eko_febrianto/Randal Jatim)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

« »