http://ciptakarya.pu.go.id/bangkim/perdakumuh
Cipta Karya Dukung Penanganan Kawasan Kumuh Kota Surakarta
Jumat, 19 Juni 2015 (07:51)
Penanganan permukiman kumuh sebagai salah satu prioritas dalam pencapaian target 100-0-100 pada tahun 2019 perlu dilakukan secara terpadu antar sektor serta memerlukan partisipasi dari semua pihak termasuk Pemda. Penanganan tersebut harus tuntas dengan mengacu pada lokasi kawasan kumuh yang sudah ditetapkan melaui SK Walikota/Bupati.


Hal tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Cipta Karya Imam S. Ernawi saat melakukan kunjungan ke Kota Surakarta akhir pekan lalu, yang diterima langsung oleh Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo. Dalam kunjungan ini, turut hadir pula Tenaga Ahli Ditjen Cipta Karya Joessair Lubis, Direktur Pengembangan Permukiman Hadi Sucahyono dan Direktur Penataan Bangunan dan Lingkungan Adjar Prayudi. Kunjungan dilakukan untuk menjaring komitmen Walikota Surakarta dalam penanganan permukiman kumuh di Kota Surakarta, serta rencana Revitalisasi Istana Mangkunegaran.


Imam menjelaskan, tahun 2015 Ditjen Cipta Karya akan membantu penanganan permukiman kumuh di Kota Surakarta melalui dana APBN yang akan dikelola langsung oleh Pemerintah Kota Surakarta. Rencana penanganan permukiman kumuh di kota Surakarta, diantaranya meliputi kawasan Serengan, Pasar Kliwon, Banjarsari dan Kali Pepe dengan dilakukan peremajaan pada kawasan tersebut.


Terkait dengan inovasi pembangunan perkotaan, Walikota Surakarta mempresentasikan Penanganan Permukiman Kumuh yang Komprehensif melalui Perencanaan Rusun Renteng Keprabon untuk masyarakat yang tinggal di bantaran Kali Pepe dengan dana APBD sejak tahun 2014. Selain rumah renteng, penanganan yang sudah dilakukan yaitu pembuatan jalan lingkungan dan pedestrian di sepanjang Kali Pepe.


Sementara, melalui APBD 2015, Pemkot Surakarta sudah menganggarkan 15 Miliar untuk melanjutkan pembangunan rumah renteng tahap II untuk 36 KK. “Kawasan Kali Pepe sepanjang 7 km ini menjadi prioritas pelaksanaan penanganan permukiman kumuh bersama Ditjen Cipta Karya dan Pemerintah Kota Surakarta," ungkap Hadi Rudyatmo.


Acara dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke kawasan permukiman kumuh Kali Pepe Kota Surakarta bersama dengan Pejabat Pemerintah Kota Surakarta, serta jajaran Satuan Kerja bidang Cipta Karya, Provinsi Jawa Tengah. (Bangkim/nk/bns)