http://ciptakarya.pu.go.id/bangkim/perdakumuh
Rapat Pembahasan Awal Raperda Kumuh Kabupaten Takalar
Minggu, 15 Mei 2016 (19:02)

Rapat Pembahasan Awal Penyusunan  Awal Raperda Kumuh di Kabupaten Takalar

Pada hari  Selasa tanggal Dua Puluh Enam April Tahun Dua Ribu Enam Belas, Bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Grand Kalampa Kabupaten Takalar telah dilaksanakan Rapat Pembahasan Awal   dalam Rangka Pendampingan Penyusunan Peraturan di Daerah Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh   yang dihadiri oleh :

1.       Bappeda Kabupaten Takalar

2.       Satker Pengembangan Kawasan Permikiman Provinsi Sulawesi Selatan

3.       Badan Legislasi DPRD Kabupaten Takalar

4.       Komisi III DPRD Kabupaten Takalar

5.       Bagian . Hukum Setda Kabupaten Takalar

6.       Bidang Fispra Bappeda Kabupaten Takalar

7.       Bidang Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Takalar

8.       Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Takalar

9.       Bidang Logistik BPBD Kabupaten Takalar

10.   Bidang  Kebersihan Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Takalar

11.   Sub Bagian SDA, Sarana dan Prasarana Daerah Bappeda Kabupaten Takalar

12.   Sub Bagian  Tata Ruang, Lingkungan dan Permukiman Bappeda Kabupaten Takalar

13.   Seksi Perumahan Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Takalar

14.   Sub Bagian Peraturan Perundang-Undangan Bagian Hukum Setda Kabupaten Takalar

15.   Sub Bagian Perencanaan PDAM Kabupaten Takalar.

 

Rapat Pembahasan Awal pendampingan penyusunan peraturan daerah tentang pencegahan dan peningkatan  kualitas perumahan kumuh dan permukiman kumuh dimulai pukul 08.00 wita dan dibuka sekaligus dipimpin oleh Sekretaris  Bappeda Kabupaten Takalar.

Rapat Pembahasan awal ini diawali dengan Presentase dari Konsultan Individual yang pada intinya menyampaikan tentang pendalaman-pendalaman substansi terkait proses penyusunan Raperda dan Naskah Akademik.

Rapat Koordinasi kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang terdiri dari tanggapan dan pertanyaan dari masing-masing stakeholder yaitu dari Anggota DPRD Kabupaten Takalar serta dari anggota tim Pokjanis pendampingan penyusunan dan legalisasi raperda kumuh.

Dari sesi diskusi disepakati kesepahaman antara tim Pokjanis dan DPRD Kabupaten Takalar serta Konsultan Individual,dengan hasil  sebagai berikut :

1.       Pemerintah Kabupaten Takalar melalui Pokjanis dan dengan bantuan pendampingan dari Konsultan individual  telah menghasilkan Raperda dan Naskah Akademik berdasarkan model perda dan model naskah akademik kumuh sebagai acuan dasar.

2.       Penyempurnaan Raperda dan Naskah Akademik  terkait substansi dilakukan secara maksimal dan akan diselesaikan berdasarkan jadwal yang telah disepakati.

3.       Terkait dengan lokasi kumuh yang belum masuk dalam ketetapan sesuai yang tertera pada  Draft Raperda akan dibicarakan lebih lanjut oleh Pokjanis dengan bantuan pendampingan dari Konsultan Individual.

4.       DPRD Kabupaten Takalar akan tetap mendukung sepenuhnya proses Legislasi dalam konsep politiknya  dan akan terus mengawal kegiatan ini sebagaimana yang telah disepakati sejak awal.