Dalam rangka silaturahmi sekaligus audiensi pertama di Era New Normal pasca Covid-19, Kepala Balai PPW Riau Ichwanul Ihsan menerima langsung kunjungan Pemkab Kepulauan Meranti yang dipimpin langsung oleh Bupati Kep. Meranti Irwan Nasir. Bertempat di Ruang Audio Visual Gedung PIP2B Provinsi Riau, kunjungan ini sekaligus membahas kegiatan bidang Keciptakaryaan di Provinsi Riau khususnya di Kab. Kep. Meranti, Selasa (2/6/2020).

Dalam sambutannya Kepala Balai PPW Riau Ichwanul Ihsan menyampaikan terimakasih kepada Bupati Kep. Meranti beserta jajaran karena telah berkunjung ke Balai PPW Riau, sehingga dengan adanya kunjungan ini bisa menjalin komunikasi yang lebih intens antara Balai PPW Riau dengan Pemkab. Kep. Meranti.

Selanjutnya Ichwanul memaparkan berbagai isu strategis di Provinsi Riau diantaranya konsekuensi dan konsitensi Pemerintah Daerah terhadap sinergitas pembangunan, keterpaduan program antar sektor prasarana wilayah, pembangunan skala kawasan Pekansikawan dan Durolis serta keterbatasan anggaran terkait pemerataan pembangunan seluruh sektor dalam rangka program 100-0-100.

Lebih lanjut Ichwanul juga memaparkan isu strategis yang ada di masing-masing sektor bidang Cipta Karya, sektor PSPAM diantaranya masih rendahnya capaian pelayanan air minum Provinsi Riau melalui jaringan perpipaan, idle capacity terhadap IPA terbangun di semua Kab/Kota Provinsi Riau, rawan air bersih yang tersebar di Provinsi Riau yang di dominasi oleh lahan gambut, serta penyehatan PDAM kecuali PDAM Kampar yang berstatus sehat. Pada tahun ini Balai PPW Riau juga membangun SPAM IKK, SPAM Indoor serta SPAM Skala Regional Durolis dan Pekankampar.

Sektor PLP pada tahun ini selain membangun drainase, IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), IPLT (Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja), Balai PPW Riau juga membangun jaringan perpipaan air limbah Kota Pekanbaru SC 1 dan SC 2 yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan.

Terakhir Ichwanul menyampaikan program pada sektor PKP dan PSPPOP, dimana sampai saat ini program seperti KOTAKU, PISEW, Reguler dan Skala Kawasan pada tahun ini belum masuk di Kab. Kep. Meranti diharapkan kedepannya segala permasalahan yang menghambat program tersebut bisa di atasi terutama ketersediaan lahan. Untuk program PSPPOP pada tahun ini di Kab. Kep Meranti ada 18 sekolah yang di rehab oleh Balai PPW Riau.

Menanggapi hal tersebut Bupati Kep. Meranti Irwan Nasir mengatakan audiensi dan silaturahmi ini sangat penting sekali untuk menyamakan persepsi dan bersinergi untuk membangun Indonesia khususnya strategi pembangunan di Kab. Kep. Meranti dan diharapakan dapat dimasukkan kedalam program Balai PPW Riau pada tahun-tahun mendatang.

Selanjutnya Irwan juga menyampaikan walaupun saat ini masih dalam masa-masa Pandemi Covid-19 bukan berarti kita harus berhenti bekerja, karena sesuatu yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat itu adalah sesuatu yang dinamis yang tidak bisa ditunda-tunda.

“Untuk itu saya mengajak kita semua dengan segala keterbatasan pada saat ini untuk tetap dan terus berusaha bagaimana program-program yang sudah dan akan kita rancang tetap bisa berjalan sebagaimana waktunya”, ujar Irwan.

Pada kesempatan ini Kepala Balai PPW Riau sebagaimana biasa selalu memberikan Tumbler dan mengajak semua yang hadir untuk dapat mulai mengurangi penggunaan sampah plastik, karena di lingkungan kantor Balai PPW Riau sejak 17 Agustus 2019 sudah menetapkan sebagai lingkungan kantor bebas sampah kemasan plastik sekali pakai. Selanjutnya Kepala Balai PPW Riau juga mensosialisasikan bahwasannya kantor Balai PPW Riau saat ini adalah kantor bebas asap rokok.

Pada silaturahmi tersebut juga turut hadir Kepala Bappeda, Kepala Dinas PU dan Tata Ruang, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kep. Meranti, Tenaga Ahli Anggota DPRD Provinsi Riau yang juga komunikator Pemkab Kep. Meranti serta dari Balai PPW Riau sendiri juga dihadiri oleh Kasi Pelaksanaan, Kasatker Pelaksanaan, Kasubag TU, PPK Air Minum, PPK PLP, PPK PSPPOP 1 dan 2 dan staf teknis lainnya. (Harfa/BPPWRiau)